Kini rakyat sudah sangat mudah mengkonsumsi video dari media apapun. Mulai dari YouTube, Instagram, WhatsApp,  Twitter, Facebook, Vimeo, website penyedia video, atau bahkan aplikasi yang isinya live show cewek berbusana mini sudah sangat mudah dikonsumsi.

Pada artikel sebelumnya saya pernah bercerita mengenai video. Dalam tulisan “itu” saya menulis bahwa mulai saat itu apapun kegiatan yang Anda lakukan ada baiknya didokumentasikan dalam bentuk video, dengan alasan bahwa konten video akan terus berkembang dan terus jadi konsumsi para netizen. Continue reading

Kurang lebih tujuh juta dua ratus lima puluh tujuh ribu enam ratus detik yang lalu terakhir kali saya menulis cerita di blog ini.

Sudah 120,960 menit yang lalu, sudah 2016 jam, sudah 12 minggu atau 84 hari yang lalu saya bercerita soal pistolan air dan belum disisipi cerita apapun.

Selain sudah lama tak mengisi blog ini, saya juga sudah lama tak bercerita di situs gulangguling.com, Bahkan kini situs itu lebih sering diisi oleh istri yang cukup rajin cerita tentang drama korea, sementara saya? sibuk dengan belum sempat menulis apa-apa di sana-sini. haha lol…

Menulis memang tak mudah, walaupun banyak cerita terkadang males untuk menulisnya hehe…

***

Seperti tagline yang sudah saya buat untuk blog ini “Tempat untuk menyimpan Ingatan”, jadi mari memulai lagi untuk menulis beberapa hal yang mungkin perlu diingat di sini.

Sekian dan mari menulis cerita selanjutnya…

 

 

Dulu, airnya diisi ke dalam pistolnya. Udah gitu, airnya suka rembes mili dari tutupnya yang kadang-kadang cepet rusak. 

Hari ini beli pistolan air buat Aila. Biar dia tau ada mainan macam ini. Bentuknya sekarang lebih modern, sudah ada tempat tampungan airnya sendiri, bahkan tampungannya itu bisa di lepas, layaknya sebuah pistol yang hendak reload amunisi. Well yach.. 

Jogyakarta 15 Februari, akhirnya saya nonton PSS Sleman secara langsung di Stadion Maguwoharjo. Haha lebay banget ngga sih sampai diblog-in gini. Tapi tak apalah, ini emang kali pertama nonton bola di Maguwoharjo.

Keinginan nonton ini muncul setelah nonton kick off piala presiden antara PSS Sleman vs Persipura ditelevisi. Alasan lainnya adalah saya sudah cukup lama tinggal di kota ini, namun belum pernah nonton sepakbola di stadion yang jaraknya sebenarnya tak jauh-jauh amat dari rumah. Ya hitung-hitung cari pengalaman baru dan pingin merasakan euforianya di stadion.

Sebenarnya saya berencana mencari jadwal PSS main pada akhir pekan, karna di hari sabtu atau minggu itu saya punya waktu untuk nonton langsung, eeh ternyata malah adanya di hari Rabu, Beruntung pada hari rabu tersebut pak Presiden yang terhormat memberikan libur karena “pesta rakyat” Pilkada. Well akhirnya rencana nonton pun semakin terbuka.

Continue reading

Dalam lingkungan windows ada sebuah cara mengkonsumsi aplikasi dengan gaya CLI linux, yaitu dengan menggunakan Chocolatey.

Seperti tagline mereka, Chocolatey adalah package manager untuk windows. Untuk Anda yang pernah menggunakan sistem operasi under Unix tentu mengerti apa itu package manager. Secara sederhana, dengan bantuan Chocolatey ini pengguna Windows dapat melakukan management software seperti install, upgrade dan remove dengan command CLI.

Kenapa pakai Chocolatey? Kenapa tidak hanya pakai Installation Wizard? Sebenarnya ini sebuah pilihan sih, tapi untuk teman-teman yang terbiasa dengan CLI maka akan sangat terasa kegunaannya. Lagian menurut saya hampir semua tutorial coding kebanyakan dibuat oleh user yang terbiasa dengan command CLI, jadi dengan adanya Chocolatey ini setidaknya akan mempermudah proses belajar. Continue reading

Hari ini sebuah notifikasi facebook muncul di foto lama yang tepat di hari ini berumur 6 tahun. Dalam foto itu seorang teman lama yang juga seorang owner dari startup keren Sale Stock, mas bro Lingga Madu mengirimkan sebuah komentar.

Isi komentarnya singkat, hanya sebuah tautan lowongan di perusahaan yang salah satu kantornya selalu saya lewati setiap pagi dan sore ( prapatan kentungan ). career.salestock.io

Setelah membuka tautan tersebut, saya mulai membaca dan skrol-skrol pada laman tersebut. Lowongan pekerjaan disana sungguh asik, menarik dan banyak, yang jelas sih aiti (IT) banget. Continue reading

Hari ini saya melakukan update satu aplikasi di project Androlite. Update major-nya adalah mengganti Library images menggunakan Glide yang menurut jauh lebih baik dari lib lainnya. Selain itu, Update kali ini saya menyatakan berpisah pada API level 9. Walaupun pada statistik installer masih ada pengguna dengan device level 9, namun saya rasa kini sudah waktunya harus move on dari Android Gingerbread tersebut.

updateandroid

Perubahan ini dilakukan karena mengikuti perkembangan, mungkin sama halnya dengan WhatsApp yang kini sudah tidak memberi support untuk Android versi lama, beberapa devices Windows Phone dan devices Blackberry versi terdahulu.

Para pengembang sudah lama meninggalkan support untuk API Level 9. Untuk saat ini Android level 14-lah yang masih relevan untuk diberi support, yakni minimum Ice Cream Sandwich.

Goodbye para installer Gingerbread, …