Catat dan Mencatat

Hari ini saya belum kepikiran untuk membuat sesuatu, bahkan untuk artikel di GG pun belum mempunyai bahan. Wiken ini target saya menyelesaikan sebuah catatan yang sudah saya mulai sejak satu minggu sebelumnya.

Catatan ini adalah sebuah dokumen berisi beberapa pekerjaan yang pernah saya lakukan, baik yang masih on progress atau on maintenance, baik yang sudah jadi atau tidak jadi. Catatan sederhana yang berisi secarik deskripsi karya, berisi konfigurasi, letak server, Credentials dan lain sebagainya.

Kenapa saya lakukan ini? Sederhana, Alhamdulillah saya diberi kemampuan untuk membuat sedikit karya yang menurut saya akan repot jika saya harus mengingatnya satu persatu dan selamanya, mengingat deskripsi karya, mengingat posisi server dimana, mengingat gimana cara kerjanya, dan mengingat sebagainya.

Jujur saja disela-selo wiken, saya kadang suka utak-atik membuat sesuatu, entah berguna atau tidak, tapi terkadang itu malah menjadi sebuah karya yang lumayan diminati orang. Seperti membuat aplikasi Android, membuat iseng2an tutorial, membuat plugin, beli domain, membuat website, main monetize, membuat video, mainan YouTube atau bahkan membuat Bot di Telegram (lain kali saya tulis soal Bot).

Setelah tak lihat-lihat ternyata saya memiliki karya yang jumlahnya lumayan juga jika semua hanya diingat diotak. Dengan alasan sederhana itu, maka saya mulai mendokumentasikan segala bentuk karya cipta atau iseng-isengan saya. Seperti tagline blog ini, “karna ingatan tak selamanya menyimpan”.

 

Verba volant, scripta manent

 

Selamat berkarya gaes! Bye!

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.