in Blog

Blogger itu gimana sih? #HariBloggerNasional

Hari ini gegap gempita hestek #HariBloggerNasional. Sebuah ceremony dimana para manusia yang menyatakan dirinya sebagai penulis blog merayakan hari jadi para blogger Nasional.

Saya sendiri tak paham betul kapan hari blogger ini mulai dicanangkan. Sejak dahulu saya menulis di blotspog (2007) sampai akhirnya punya domain pribadi, saya memang tidak pernah ikut-ikutan wacana para blogger yang suka kumpul. Yang saya tau dahulu saya nulis-nulis diblotspog itu, walaupun kebanyakan curhat doang.

Dahulu saya pernah dengar komunitas blogger gitu, itupun dari seorang kawan. Konon sih suka kumpul-kumpul gitu, tapi entah kenapa saya belum tertarik ketika diajak ikutan acara itu, mungkin karna saya itu seorang pemalu #halah.

Seandainya saja dari dulu saya ikutan macam kumpul blogger itu, mungkin saja hari ini saya akan lebih pede untuk ngetwit “Selamat hari blogger kawan-kawan”, tidak lupa hesteknya #HariBloggerNasional.

Lalu saya bertanya, Apakah saya yang menulis bebas tanpa pernah ikutan kumpul blogger boleh dibilang blogger? Apa ada kriteria tertentu gitu biar dibilang blogger? Ataukah saya memang harus kumpul komunitas dulu, baru dibilang blogger?

Entah deh ya. Yang jelas saya akan terus menulis untuk mengekspresikan diri, menulis agar tak tergerus perkembangan jaman dan  menulis untuk terus menyimpan ingatan.

Selamat Hari Blogger Nasional bagi yang merayakan. Mari terus menulis, agar kelak tulisanmu jadi bukti sejarah bahwa masa itu pernah ada.

Bye!


Also published on Medium.

Write a Comment

Comment