in Blog

Dampak Nyata Sebuah Iklan

Halo gaes, Kali ini mau bercerita mengenai dampak sebuah iklan. Kenapa ngomongin iklan? Karena semakin kesini maka setiap media baik audio, video, tulisan atau apapun sekarang sudah mulai dijamuri dengan iklan. Sebuah iklan yang tepat pada sasaran, baik sasaran user ataupun sasaran waktu (timing) akan berdampak signifikan terhadap produk ad yang disebarkan. Dan kenapa saya ngomongin ini, karena beberapa waktu lalu saya menjadi salah satu user yang terjaring sebuah iklan. 

Salah satu pemanfaat media iklan yang baru-baru ini saya rasakan adalah media sms, melalui sebuah provider dan melakukan penyebaran ads yang mungkin dilakukan berdasarkan lokasi (Location-based advertising).

Hari itu saya sedang berkunjung ke salah satu Mall di Jogja (sebut saja Amplaz), sembari berkeliling disana munculah sebuah pesan yang kali ini bukan dari aplikasi seperti WA atau Telegram, namun sebuah pesan yang datang dari aplikasi SMS, aplikasi yang mungkin saat ini termasuk jarang digunakan. Pesan tersebut yang kira kira berbunyi seperti ini:

 

Beli 6 donuts gratis 6 donuts di dunkin donuts Ambarukmo Plaza. Segera tukarkan SMS ini, selama persediaan masih ada.

 

Well, apakah ini kebetulan? atau memang sudah diatur sedemikian rupa? Ya jelas dong, sementara ini saya berkesimpulan bahwa mereka memang mengirim pesan kepada user yang lokasinya dekat dengan tempat penjual produk tersebut. Radius lokasi bisa saja tidak hanya untuk user yang tengah berada di dalam Mall, tapi bisa juga melebar ke beberapa lokasi didekatnya, seperti Bandara Adi Sucipto atau user yang tengah berada dalam kemacetan di jalan Solo depan Amplaz.

 

Kenapa saya berkata bahwa ini adalah sebuah dampak iklan yang nyata?

Karena tak lama setelah saya membaca pesan tersebut, maka kami sekeluarga memutuskan untuk mencoba mengambil promo tersebut. Itu jelas-jelas iklan yang mengena, saya ada dilokasi, saya jarang-jarang main ke Mall, dan kebetulan banget nih dapat promo beli 6 dapat 6, bukan buy one get one! but buy six get six. Sebuah penawaran yang cukup worth a try, iya ga sih?

Nyobain Promo DD di mall amplaz

Nyobain Promo DD di mall amplaz

Alasan diatas adalah salah satu yang membuat saya mengatakan ini adalah iklan yang tepat sasaran, namun tidak hanya itu saja. Salah satu dampak iklan yang mengena ini jelas terlihat sangat luas.

Setelah kami yang tergiur mencoba promo ini, maka tak butuh waktu lama para user lain banyak mulai berbondong-bondong berdatangan sambil meneteng ponsel mereka masing-masing, seraya ingin menunjukan pesan yang berisi promo ini. dan boooooms…. tempat penjualan DD mulai penuh padat ramai dengan para pengunjung yang mulai memilih aneka Donut yang masih tersedia. Saya yakin tak lama kemudian donut yang tersedia disana mulai ludes.

Antri Promo Dunkin Donuts

Antri Promo Dunkin Donuts

 

wp-1450307767749.jpg

Pelajaran dari ini adalah sebuah produk jika disebarkan dengan marketing yang tepat, maka sudah bukan tidak mungkin akan berdampak nyata untuk kemajuan produk. Seperti saat harbolnas kemarin, banyak user yang berbelanja online, bahkan yang tak punya rencana ingin belanja bisa jadi ikutan membeli barang hanya karna ada diskon yang bisa jadi abal-abal itu. 🙂

Sekian dan Success untuk semua! *nyam-nyam-nyam*

 

 

Write a Comment

Comment