Bergaya Linux di Windows dengan Chocolatey

Dalam lingkungan windows ada sebuah cara mengkonsumsi aplikasi dengan gaya CLI linux, yaitu dengan menggunakan Chocolatey.

Seperti tagline mereka, Chocolatey adalah package manager untuk windows. Untuk Anda yang pernah menggunakan sistem operasi under Unix tentu mengerti apa itu package manager. Secara sederhana, dengan bantuan Chocolatey ini pengguna Windows dapat melakukan management software seperti install, upgrade dan remove dengan command CLI.

Kenapa pakai Chocolatey? Kenapa tidak hanya pakai Installation Wizard? Sebenarnya ini sebuah pilihan sih, tapi untuk teman-teman yang terbiasa dengan CLI maka akan sangat terasa kegunaannya. Lagian menurut saya hampir semua tutorial coding kebanyakan dibuat oleh user yang terbiasa dengan command CLI, jadi dengan adanya Chocolatey ini setidaknya akan mempermudah proses belajar.

Instalasi Chocolatey cukup mudah, cukup jalankan satu baris perintah dibawah ini pada cmd (run as Administrator).

@powershell -NoProfile -ExecutionPolicy Bypass -Command "iex ((New-Object System.Net.WebClient).DownloadString('https://chocolatey.org/install.ps1'))" && SET "PATH=%PATH%;%ALLUSERSPROFILE%\chocolatey\bin"

Setelah proses intalasi berhasil, selanjutnya ketikan perintah “choco” untuk mencobanya. Jika tidak ada kesalahan instalasi, maka akan keluar nama versi dari Chocolatey yang Anda instal. Biasanya anda harus restart cmd dahulu sebelum dapat menggunakan perintah Chocolatey.

Selanjutnya setelah punya Chocolatey Anda bisa mencoba menginstall package yang tersedia di repository mereka. Contohnya saya mencoba menginstal nodejs, dengan perintah CLI “Choco install nodejs.install” dalam sekejap instalasi berhasil. hmmm sebenarnya tidak dalam sekejap juga sih, ini sangat tergantung dengan koneksi internet, jika Anda berada dalam jaringan yang kaya akan kecepatan internet, maka perintah Choco install juga akan sangat menyenangkan hehe.

chocolatey-install-nodejs

Kira-kira itu dulu tulisan kali ini, semoga bermanfaat untuk saya dan Anda yang membutuhkannya.

Jangan lupa biasakan berkomentar atau paling tidak ketik “amin” pada kolom komentar dibawah, lalu share kepada teman-temanmu hingga ke luar angkasa. Hahaha 😀

Salam!

Pelajari lebih jauh tentang Chocolatey pada situs resmi mereka chocolatey.org


Also published on Medium.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.