Berusaha Dahulu Sebelum Menyerah

Wiken ini saya belajar tentang sebuah usaha. Bukan usaha mengenai bisnis, tapi ini soal memperjuangan keinginan dan kepinginan.

Dua hari, Sabtu dan Minggu, saya bersama kawan-kawan mengikuti turnamen futsal. Sejak awal, saya pribadi merasa jika ini hanya sekedar ikut meramaikan acara tournament, tak ada target apa-apa. Wong kami biasanya juga kalau main biasanya ya cuma seadaanya. Bahkan kalau sparing kami selalu kalah.

Hari pertama. Karena ini sistem turnamen, maka saya cuma mikir; ah paling cuma main sekali atau dua kali, lalu kalah dan selesai di hari sabtu. Tapi tak disangka, hari sabtu kami membantai dua tim dengan skor 5-1 dan 4-0. Kamipun terpaksa meneruskan bertanding hingga minggu.

Yang saya pelajari selama bermain adalah soal semangat dan usaha. Saya paham betul secara kemampuan mungkin tim ini jauh dibawah tim lainnya. Namun yang saya suka adalah mereka mau berjuang dan berusaha.

Melihat semangat teman-teman yang hebat dan usaha yang nothing to lose membuat saya semakin bersemangat memimpin mereka pada babak selanjutnya.

Hari kedua, Minggu. Kami awali dengan kemengan tipis 1-0 pada perempat final atas tim yang sudah sangat bagus dari kami. Namun lagi-lagi, saya senang teman-teman mau melakukan usaha yang hebat saat main, mau melakukan pressing hebat, mau berusaha membuat gol dan lari sekuat tenaga. Well pokoknya.

Semifinal, tak kalah seru. Saya pribadi merasa pertandingan ini adalah permainan yang paling keras dan emosional. Saya sendiri sempat beradu otot dan sikut. Klub lawan sungguh hebat, skill rata-rata. Kami harus tertinggal 0-1 dari babak pertama. Tapi semua berubah dibabak kedua, pasca saya meminta diganti, teman-teman justru punya usaha yang lebih maksimal. Mereka habis-habisan. Dan itu membuahkan hasil, dua gol dibabak kedua membuat kami resmi jadi finalis. Luarr biasa!

Final! Ini hal luar biasa dan diluar espektasi, kami yang datang dan ikut tanpa target ternyata sampai di Final. Sekali lagi, saya belajar dari mereka soal semangat dan usaha yang luar biasa.

Lalu bagaimana laga final? Laga final luar biasa seru, saya tak perlu banyak cerita. Kami tak kebobolan selama pertandingan. Tim yang kami temui di final jauh lebih berbahaya, namun kami mampu menahan mereka tanpa membuat gol, padahal sebelumnya mereka selalu membantai musuh-musuhnya. Bagiku, itu Juwara!

Sekali lagi, saya belajar dari semangat dan usaha mereka tentang mempertahankan sesuatu, memperjuangkan apa yang diinginkan, selalu bersemangat walau nafas sudah ngos-ngosan dan kaki sudah mulai lemah dan pegal. Akhirnya dengan usaha itu, kami punya cerita dimana kelak akan jadi pengalaman yang terkenang dihari esok.

Dan bagi saya, hidup memang harus begini, yang terpenting kita berusaha dulu, urusan hasil itu sudah ada yang mengaturnya. Kita akan selalu belajar dari setiap proses dan kesempatan.

We are the champion, my friends!

image

3 Comments

·

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.