in Blog

PHP 7 XMLRPC Transport error

Error ini saya temukan setelah upgrade ke php versi 7.0, Error yang menurut saya sedikit berpengaruh ke salah satu plugin WordPress JetPack (hanya sedikit) dan yang paling berpengaruh pada kasus saya adalah ketika menggunakan fitur dari xmlrpc .

Jika anda terbiasa menggunakan xmlrpc atau pakai library IXR_Library , maka akan muncul pesan error begini sesaat setelah anda mencoba request/posting data ke server WordPress.

Transport error - HTTP status code was not 200

Awalnya saya pikir ini disebabkan karena issue security WordPress yang sidikit rawan jika request menggunakan xmlrpc . Namun, Setelah diteliti dari error.log terlihat pesan kesalahan seperti ini :

Call to undefined function xml_parser_create()

Ternyata, solusi sungguh simple, hanya dengan instal xml pada server Anda :

apt-get install php7.0-xml

Jangan lupa restart php server Anda untuk mencobanya, /etc/init.d/php7.0-fpm restart atau service apache restart jika anda pakai Apache.

Kelihatannya gampang ya? tapi jujur, solusi ini baru saya temukan setelah hampir 6 jam utak atik. Kenapa lama? ya karena saya selo, googling ngga nemu-nemu, nyoba cek sana-sini sampai bolak balik pindah server dari php5 ke php7, bahkan saya pikir ini disebabkan karena security cloudflare yang tak mengijinkan request via xmlrpc. Hadeh hadeh…

Yah begitulah, php 7.0 memang baru bagi saya dan sepertinya memang butuh treatment khusus.

Sementara itu, pengalaman ini dicatat di blog dulu biar esok tak lupa dan bisa lebih wazz wuzz lagi.

 

 

Write a Comment

Comment