Peta Art Goes to China

Tulisan kali ini mau sedikit sombong. Tapi ngga apalah ya sombong, yang penting nulis pengalaman dulu lah ya.

Iya, saya membuat aplikasi di Android dengan nama Peta Art. Aplikasi ini merupakan aplikasi wallpaper. Iya cuma wallpaper, tapi perbedaannnya adalah di aplikasi ini user dapat membuat wallpaper nya sendiri dari tampilan sebuah peta lokasi yang bisa diganti-ganti style. Tentu saja juga bisa pindah-pindah lokasi sesuai keinginan dan kekinian seperti gambar di bawah.

Aplikasi ini memang belum lama saya buat, bahkan belum berusia 6 bulan. Usernya pun relatif masih sedikit. Saya juga sebenarnya nothing to lose dalam membuat aplikasi ini, tidak ada rencana apa-apa, hanya sebuah kesenangan saja membuat aplikasi.

Setelah jadi saya mulai promosi ke twitter saya, dengan harapan minimal memamerkannya kepada kawan saya. Hari-hari berlalu ternyata ada juga yang mengapresiasi aplikasi ini. Beberapa kawan mulai menggunakannya, beberapa mulai berkomentar untuk menambah ini itu. Alhamdulillah saya cukup senang ada yang mau memakainya.

Suatu hari ada sebuah review yang muncul untuk aplikasi Peta Art ini berasal dari China, tepatnya Taiwan. Saya cukup heran juga mengingat sebenarnya aplikasi ini belum begitu lama dan banyak usernya, tapi si user dari China ini bisa nyasar ke aplikasi ini ya. Saya pikir ini hanya sebuah kebetulan saja, namun hari berikutnya adalagi review user yang berasal dari negeri itu. Wah saya mulai curiga nih dan mulai melihat statistik user install aplikasi ini, dan benar saja ada pelonjakan user yang menginstall aplikasi ini dan rata-rata berasal dari luar negeri.

Saya semakin penasaran, kok bisa ya mereka menemukan aplikasi Peta Art. Sampai akhirnya ada sebuah email dari pengguna aplikasi ini dengan tajuk ingin memberi review dan memberi ide sebuah fitur. Pengguna tersebut ternyata juga berasal dari China Taiwan. Sembari membalas email tersebut saya pun bertanya darimanakah dia menemukan Aplikasi Peta Art ?

Cukup terkejut juga setelah mendapatkan jawaban ternyata Aplikasi saya mendapatkan review sebuah media gadget yang ada di negeri tersebut. https://sspai.com/post/54720 . Website tersebut menggunakan bahasa setempat, jadi kalau mau membacanya silakan di translate dulu.

Nah sekarang saya lega karena tahu bahwa inilah alasan kenapa user aplikasi Peta Art bertambah dari belahan bumi yang lain. Alhamdulillah saya cukup bangga dengan diri saya karena aplikasi buatan saya diliput media asing hihi, halah… sombong dikit ngga apa-apa lah ya, yang penting pengalaman asyik.

Sebenarnya ini kali kedua karya saya dimasukan pada media asing, Sebelumnya bot telegram yang pernah saya buat @shorturlbot juga pernah masuk ke media di Iran zoomit.ir, kala itu sang penulis menghubungi saya untuk menulisnya pada websitenya, hasilnya? pengguna bot tersebut melejit dan banyak yang menghubungi saya untuk membuat project. Alhamdulillah ya.

Dari tulisan ini ada pesan moral yang ingin saya sampaikan? untuk saya sendiri sih sebenarnya, tapi siapa tau juga bisa mengena buat kalian yang membaca.

Jadi kalau mau berkarya apapun itu yang penting mulai aja dulu, memang sih belum tentu ada keuntungan dibalik itu, tapi siapa tau dari situ ada cerita yang paling tidak bisa diceritakan dikemudian hari.

Udah gitu aja….

Salam! dan salamat berkarya, kawan!

Download aplikasi Peta Art di Google Play

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.