Belajar Soal Ketekunan dari Bapak

Sebenarnya saya tak heran jika bapak mampu membuat bonsai. Bapak saya adalah seorang lulusan studi pertanian. Sesuai dengan kemampuannya beliau berkarya di instansi yang bergelut di bidang tumbuh-tumbuhan, jadi tidak heran kalau beliau sangat paham soal tanaman.

Namun kali ini saya belajar mengenai sebuah ketekunan dari apa yang beliau kerjakan. Bahwa memang benar jika sesuatu dikerjakan dengan baik dan tekun, bahkan dilakukan sesuai kesenangan maka akan menjadi karya yang memuaskan.

Beberapa bulan terakhir ini bapak terlihat sedang berkegiatan membuat bonsai dari pohon kelapa. Prosesnya tidak sebentar, beberapa kali saya lihat ada yang kering bahkan menurut saya sepertinya sudah akan mati. Tapi pada akhirnya usaha beliau menghasilkan karya seni yang luar biasa. Beliau berhasil membuat beberapa bonsai dari pohon kelapa, yang jika dipandang-pandang “kok bisa yah jadi seperti itu”.

Sementara itu, saya merasa; terkadang kita suka terburu-buru untuk mengerjakan sesuatu, kita suka tergesa-gesa hanya karena ingin segera mendapatkan hasil tanpa ingin menjalani proses. Padahal segala sesuatu yang terbaik pasti lahir dari proses yang tidak mudah, bahkan bisa jadi banyak kegagalan.

Jadi, mari kita belajar lagi untuk lebih tekun, lebih sabar dalam berproses. Yakinlah! selama kita di jalan yang benar, apapun yang sedang dikerjakan sekarang pasti akan memberikan hasil yang baik dimasa mendatang.

Hasil memang belum tentu soal materi, tapi usaha yang tekun pasti memberi hasil yang terbaik. Saya yakin, saat ini bapak sangat senang dengan hasil bonsai nya.

Terima kasih, Pak!